Ma’had Ikut Serta Konsultasi ISO Jelang Akreditasi Nasional

Manajemen mutu merupakan aspek signifikan yang menentukan kualitas akreditasi. Sebagai salah satu unit yang membidangi pembinaan dan pengembangan kompetensi Mahasiswa(i) IAIN Kendari, UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari berkomitmen terhadap cita-cita akreditasi unggul bagi institut. LPM sebagai lembaga yang mengawasi standar mutu di lingkup IAIN Kendari, pada hari ini (27 Juli 2022) menyelenggarakan kegiatan konsultasi ISO dan akreditasi internasional di Same Hotel Kota Kendari dan akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Prof. Sukamta saat memaparkan materi.

UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari hadir memenuhi undangan LPM untuk menghadiri kegiatan yang menghadirkan Prof. Dr. Ir. Sukamta, ST, MT, IPM, selaku narasumber. Pada kesempatan tersebut, narasumber memberikan bimbingan teknis ISO 9001:2015. Beliau menyampaikan bahwa sudah saatnya IAIN Kendari melirik standarisasi di semua aspek dan lini. Standarisasi ini dibuktikan dengan sertifikasi ISO sehingga semua dokumen dan persyaratan mutu sudah dilengkapi.

Para peserta kegiatan konsultasi ISO dan akreditasi internasional

Sekretaris UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, Azwar Abidin, menjelaskan bahwa kegiatan yang dihadirinya itu akan membawa dampak positif bagi Ma’had. “Selama ini, pemenuhan mutu dan kualitas pembinaan hanya berkutat pada penjabaran pedoman dan juknis di masing-masing aspek pembinaan. Namun harus diakui, sifatnya belum terstruktur karena sistemnya belum mapan sehingga prosesnya pun belum terdokumentasi dengan baik,” jelasnya. Lebih lanjut, selain komunikasi lintas struktur, menurutnya Ma’had sudah harus melakukan pembenahan di bidang pemenuhan standar mutu agar lebih menegaskan kontribusinya terhadap institusi.

Sistem manajemen pengelolaan yang dilaksanakan di Ma’had, termasuk proses dan aktivitas pembinaan harus menghasilkan jasa dan alumni yang memenuhi standar dan tujuan. Dengan mengejar target sertifikasi ISO, Ma’had berharap alumni hasil binaan dapat diserap secara berdaya oleh dunia kerja atau sedapat mungkin dapat memberikan kontribusi positif di masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *