Baca Qur’an bersama Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah

Kamis, 18 Februari 2021

Hampir 1 tahun kegiatan mahad berhenti atau tidak berjalan seperti biasanya dikarenakan wabah Covid-19 yang menyebar sejak awal tahun 2020. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan di masjid kampus hampir setiap hari mulai senin sampai ahad merupakan kajian dengan topik yang berbeda sesuai dengan visi dan misi mahad al-jami’ah. Adapun kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap senin sampai ahad diantaranya kajian Tafsir dan Ulumul Qur’an yang dibawakan oleh Ustadz Dr. Muh. Hasdin Has, Lc., M. Th. I., kajian Fiqih Ibadah/Fiqih Perempuan dibawakan oleh Ustadz Dr. H. Ahmad, Lc., M. HI dan Ustadzah Dr. Hj. Ni’matuz Zuhrah, Lc., M. Th. I., kajian Pendidikan Literasi dan Kebahasaan dibawakan oleh Ustadz Azwar Abidin, M.Pd., kegiatan baca qur’an/ do’a bersama oleh Musyrifah Ma’had Al-Jami’ah, kajian Hadits (Kitab Riyadhus Shalihin) oleh Ustadz Masyhuri Rifa’I, M.Ag., Kajian Adab (Kitab Ta’limul Muta’allim) oleh Ustadzah Ira Trisnawati, M.Ag dan Ustadzah Ainy Khairun Nisa, M.Pd., dan yang terakhir Sirah Nabawiyah/Tahsinul Qiro’ah oleh Musyrifah Ma’had Al-Jami’ah.

Pada Kamis malam, kegiatan rutin ma’had kembali dibuka. Untuk mengawali kegiatan rutin ma’had Musyrifah melakukan do’a atau Yasinan bersama sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Kegiatan yasinan ini dilakukan secara online melalui platform Zoom dan diikuti kurang lebih 100 mahasantri. Meski kegiatan tersebut dilakukan secara online namun tidak ada batasan antara Musyrifah dan mahasantri untuk saling bersua. Kabar baiknya, melalui kegiatan yang dilakukan secara online ini Musyrifah dan mahasantri baru angkatan 2020 dapat saling mengenal lebih dekat.

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain yaitu untuk mempererat hubungan antara mahasantri dengan Musyrifah juga Mudabbirah ma’had. Selain itu, banyak manfaat yang dapat dipetik hikmahnya dari membaca surah yasin apalagi dibaca diwaktu sunnah sebagaimana dikatakan bahwa surah yasin merupakan jantungnya al-qur’an. Maka betapa banyak manfaat dan berkahnya ketika membacaa surah yasin.

Sebagai kesimpulan membaca surah yasin dan doa bersama merupakan langkah awal yang baik untuk memulai kembali kegiatan yang sudah lama terhenti selama pandemi Covid-19. Dengan adanya kegiatan yasinan dan doa bersama ini dapat mempererat silaturahmi diantara Musyrifah dan mahasantri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *