Kajian Tafsir Keagamaan Oleh Ustadz Dr. H. Muh. Hasdin Has Lc., M. Th.I

Senin, 22 Februari 2021

Pada kesempatan ini, kajian Ma’had dilanjutkan dengan kajian Tafsir. Secara etimologi Tafsir bisa berarti Penjelasan, Pengungkapan, dan Menjabarkan kata yang samar. Adapun secara terminologi tafsir adalah penjelasan terhadap Kalamullah atau menjelaskan lafadz lafadz Al-Qur’an dan pemahamannya. Ilmu Tafsir merupakan ilmu yang paling mulia dan paling tinggi kedudukannya, karena pembahasannya berkaitan dengan Kalamullah yang merupakan petunjuk dan pembeda dari yang haq dan bathil. Jadi, Tafsir bisa juga dikatakan sebagai interprestasi terhadap ayat suci Al-Qur’an.

Juz 30 merupakan kajian dasar untuk memahami Al-Qur’an. Pada umumnya dasar untuk mempelajari Al-Qur’an ialah Khatmul Qur’an (Surah Ad-dhuha sampai dengan Surah An-Naas) dan kemudian dilanjutkan dengan Surah Al-baqarah ayat 1-5. Dalam mempelajar Al-Qur’an, Ada perbedaan situasi antara Negeri Arab dan Negara kita Indonesia. Di negeri Arab, banyak orang yang belum tahu baca Al-Qur’an akan tetapi mereka memahami maknanya. Sedangkan di Indonesia, kebalikannya.

Surah An-Naba merupakan surah pertama di Juz 30 yang artinya “Berita Besar”. Pentingnya untuk memahami Surah ini ialah kita sebagai umat Islam yang beriman agar lebih hati-hati dalam memilah dan memilih berita atau informasi yang tersebar. Pada ayat pertama

عَمَّ يَتَسَاۤءَلُوْنَ ۚ

‘amma yatasā`alụn                                                                                                                        

Tentang apakah mereka saling bertanya tanya?

عَنِ النَّبَاِ الْعَظِيْمِۙ

‘anin-naba`il-‘aẓīm                              

Tentang berita yang besar (hari kebangkitan),

الَّذِيْ هُمْ فِيْهِ مُخْتَلِفُوْنَۗ

allażī hum fīhi mukhtalifụn                     

yang dalam hal itu mereka berselisih.

Dari tiga ayat ini, bisa disimpulkan bahwa sebagi umat Islam kita percaya dan yakin  terhadap berita besar yang akan datang. Maka dari itu kita juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berita tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *