Sirah Nabawiyah oleh Musyrifah

Minggu, 21 Februari 2021

Posisi bangsa Arab

Menurut bahasa, Arab artinya padang pasir, tanah gundul, dan gersang yang tiada air dan tanamannya. Jazirah Arab dibatasi Laut Merah dan Gurun Sinai disebelah barat, disebelah timur dibatasi Teluk Arab dan sebagian besar negara Irak bagian Selatan, disebelah utara dibatasi Laut Arab yang bersambung dengan Lautan India, disebelah utara dibatasi negeri Syam dan sebagian kecil dari dari negara Irak.

Jazirah Arab memiliki peranan yang sangat besar karena letak geografisnya. Jazirah Arab hanya dikelilingi gurun dan pasir disegala sudutnya. Karena kondisi seperti inilah yang membuat Jazirah Arab seperti benteng pertahanan yang kokoh, yang tidak memperkenankan bangsa asing untuk menjajah, mencaplok, atau menguasai bangsa Arab.

Adapun kaum bangsa Arab diantaranya; (1) Arab Ba’idah, yaitu kaum Arab terdahulu yang sejarahnya tidak bisa dilacak secara rinci dan komplit,seperti  kaum Ad, kaum Tsamud kaum Thasm, kaum jadis, kaum imlaq, dan lain sebagainya, (2) Arab Aribah, yaitu kaum yang berasal dari keturunan Ya’rub Yasyjub bin Qahthan atau disebut juga Arab Qahthaniyah, dan (3) Arab Musta’rabah, yaitu kaum Arab yang berasal dari keturuna Nabi Isma’il a.s yang disebut Arab Adnaniyah.

Tempat kelahiran Arab Aribah atau kaum Qahthan adalah negeri Yaman, lalu berkembang menjadi kabilah dan suku yang dikenal sebagai:

  1. Kabilah Himyar, yang terdiri dari beberapa suku terkenal, yaitu Zaid Al-Jumhur, Qudha’ah dan Sakasik.
  2. Kahlan, yang terdiri dari beberapa suku terkenal, yaitu Hamdan, Amnar, Thayyi’, Madzhij, Kindah, Lakhham, Judzam, Uzd, Aus, Khazraj, dan anak keturunan Jafinah raja Syam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *