Amalan Ringan Bernilai Super Dunia Akhirat

SIMAK episode kali ini dibawakan oleh Ustadz Abdul Wahid Mongkito, S.Si., M.EI. Beliau merupakan Pimpinan Yayasan Ibnu Abbas Muna sekaligus  Kaprodi Ekonomi Syariah di IAIN Kendari dengan tema “Amalan Ringan Bernilai Super Dunia Akhirat” .(Jum’at, 28 April 2021)

Dalam kehidupan kita, ada begitu banyak amalan-amalan ringan yang  bisa mengantarkan kita untuk memperoleh ridha llah SWT. Namun, ketika amalan-amalan tersebut konsisten diamalkan dalam kehidupannya hingga ia bertemu dengan bulan suci ramadhan, maka amalan-amalan tersebut akan dilipat gandakan (bernilai super). Berikut ada beberapa amalan ringan yang ketika dilakukan di bulan suci Ramadhan akan bernilai super untuk dunia dan akhirat nantinya.

  • Mendoakan sesama

Salah satu amalan ringan yang bernilai pahala besar adalah mendoakan sesama orang Islam. Di dalamnya didapati pahala yang sangat besar.
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau pun perempuan  niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan  yang didoakannya.” (HR. At-Thabrani).

  • Membaca dzikir

Amalan ringan yang memiliki pahala besar selanjutnya adalah membaca dzikir. Dzikir dapat dilakukan dengan membaca bacaan-bacaan ringan dan pendek, seperti membaca “subhanallah walhamdulillah walailaha illallah Allahu Akbar. Nabi bersabda: “Aku membaca: Subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (maha suci allah, segala  puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhaq diibadahi selain Allah dan Allah maha besar). Bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang dibawah sinar matahari.” (HR. Muslim).

  • Memberi kelonggaran orang yang berhutang

Memberikan kelonggaran waktu pada orang yang berhutang menjadi salah satu amalan kecil yang pahalanya sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memberi tempo kepada seorang belum mampu membayar hutang maka setiap hari ia memiliki sedekah sampai hutang itu jatuh tempo. Jika jatuh tempo dan orang itu belum mampu membayar hutangnya kemudian ia memberi kelonggaran lagi, maka setiap hari ia bersedekah dua kali lipat dari harta yang dipinjamkannya.” (HR. Hakim).

  • Menjenguk orang sakit dan mendoakannya

Rasulullah SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam surga.” (HR. Tirmidzi).

  • Membaca Al-Qur’an

Amalan ringan terakhir yang memiiki pahala dahsyat adalah membaca Al-Qur’an, walaupun sekadar satu ayat. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia mendapat satu kebaikan dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu satu huruf, tapi aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.”(HR. Tirmidzi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *