Bukan Hamba Ramadhan

SIMAK episode kali ini dibawakan oleh Ustadz Danial, Lc,. M.Th.I. Beliau merupakan salah satu pengelola Ma’had Al-Jami’ah dengan tema “Bukan Hamba Ramadhan” .(Jum’at, 07 Mei 2021)

Bulan suci Ramadhan adalah momen yang paling baik untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Kesempatan bagi manusia untuk berbuat baik agar dapat berubah menjadi hamba yang takwa. Yang sebelumnya banyak bermaksiat, menjadi manusia yang baik dengan banyak beramal sholeh di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Namun jika kita perhatikan justru fenomena yang terjadi dimana manusia kembali lagi banyak berbuat maksiat setelah mengisi Ramadhannya dengan kebaikan. Tak tersisa lagi semangat beribadah di bulan Ramadhan seakan-akan semuanya sirna ketika bulan syawal datang. Masjid yang ketika Ramadhan ramai dipenuhi oleh manusia yang melaksanakan sholat jama’ah kini menjadi sepi. Sholat malam pun sering terlewatkan.  Al-qur’an kini tak tersentuh lagi. Mengeluarkan infaq & shodaqoh terasa berat. Ini adalah fenomena yang sangat menyedihkan.

Padahal apabila kita memperhatikan tujuan disyariatkannya puasa adalah menjadikan orang beriman menjadi insan yang lebiih bertakwa. Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” 

Jadi, yang dimaksud dengan Bukan Hamba Ramadhan yaitu ketika ibadah rutin yang dikerjakan selama bukan suci Ramadhan pada saat keluar dari bulan suci Ramadhan tetap istiqamah/rutin dalam menjalankan ibadahnya atau perlu ditingkatkan lagi ibadahnya. Jadi, lakukanlah ibadah semata-mata karena Allah bukan hanya sebagai hamba Ramadhan.

Kemudian, ada empat golongan orang yang dirindukan surga yaitu:                                          

  1. Orang yang senantiasa selalu membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya dari AL-qur’an tersbut.
  2. Orang yang memberikan makan orang yang sedang lapar.
  3. Orang yang menahan hawa nafsu ketika sedang berpuasa di bulan suci Ramadhan.
  4. Orang yang selalu mengingat Allah (Zikir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *