Kitab Ta’lim Muta’allim : Permulaan Belajar, Ukuran Belajar dan Tata Tertibnya oleh Ustadzah Ira Trisnawati, M.Ag.

Kamis, 10 Juni 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Hari Mulai Pelajaran

Menurut Sheikh Burhanuddin memulai sesuatu hendaknya pada hari Rabu. Karena Rasulullah SAW. bersabda : “Tiada lain segala sesuatu yang dimulai pada hari Rabu, kecuali akan menjadi sempurna

Karena pada hari Rabu itu Allah SWT menciptakan Cahaya, dan hari itu pula merupakan hari sial bagi orang kafir yang berarti bagi orang mukmin adalah hari yang berkah. Dimana hari rabu itu hari diciptakannya Nur (cahaya).

Ukuran Belajar

Adapun permulaan untuk memulai belajar diberikan batas untuk mengulang sampai dua kali. Kemudian untuk setiap hari, ditambah sedikit demi sedikit sehingga setelah banyak materi yang diingat dan dipahami lalu diulang dua kali.

 Apabila pelajaran pertama yang dikaji itu terlalu panjang sehingga para pelajar memerlukan diulanganya 10 kali, maka untuk seterusnya sampai yang terakhir diulang seperti yang dilakukan sebelumnya. Karena hal iniakan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan kecuali dengan susah payah. Contohnya seperti surat Alfatihah yang sering di ulang-ulang dalam bacaan shalat maka begitupun juga dengan pelajaran. Selain itu, seorang guru tidak boleh memberikan pelajaran terlalu banyak harus dilakukan secara perlahan lahan, agar bisa diulang ulang misalnya kita belajar tajwid yg pertama kita harus belajar huruf hijayyah kemudian idzhar iqlab dan ilmu tajwid lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *