Bahasa Arab Dasar: Pengertian Mufrad, Mutsanna dan Jamak oleh Ainy Khairun Nisa, M.Pd.

Sabtu, 26 Juni 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

  1. Isim Mufrad (isim yang memberikan arti tunggal)
    Isim Mufrad adalah kata benda yang berarti tunggal atau satu. Tidak ada tanda khusus untuk menentukan isim Mufrad karena isim Mufrad adalah bentuk pertama tanpa ada tambahan huruf sama sekali. Contoh:
    كتاب (buku)
    مدرسة (sekolah)
    طالب (siswa)
  1. Isim Mutsanna (isim yang menunjukkan arti dua)
    Semua isim yang menunjukkan arti dua, tanda isim Mutsanna adalah masuknya huruf Alif+nun atau yaa+nun (ين atau ان). Jika, sebuah isim Mufrad mendapat tambahan huruf-huruf tersebut maka sudah pasti bahwa isim tersebut berubah menjadi isim Mutsanna yang berarti dua tanpa harus memberi tambahan kata bilangan dua. Contoh:
    كتاب (buku)
    Menjadi,
    كتابان/كتابين (dua buku)
  2. Isim Jamak (Isim yang menunjukkan arti lebih dari dua atau banyak) Isim Jamak adalah kata yang menunjukkan arti lebih dari 2, dalam bahasa Arab jamak terbagi menjadi 3 macam, yakni:


A. jamak mudzakkar salim:
Jamak yang menunjukkan arti banyak dengan bentuk yang teratur serta dikhususkan untuk laki-laki. Tanda-tanda jamak mudzakkar salim adalah waw+nun atau yaa+nun (ون atau ين), untuk tanda yaa+nun sama dengan tanda pada isim mutsanna namun yang berbeda adalah harakat sebelum yaa berharakat fathah dan huruf nun pada isim mutsanna berharakat kasrah (مُسْلِمَيْنِ) sedangkan pada jamak mudzakkar salim huruf sebelum yaa berharakat kasrah dan huruf nun berharakat fathah (مُسْلِمِيْنَ). Contoh:


B. Jamak muannats Salim
Bentuk jamak yang kedua ini adalah bentuk jamak yang teratur serta dikhususkan untuk perempuan. Tanda-tanda jamak ini adalah masuknya huruf alif+ta’ (ا+ت). Contoh:


C. Jamak taksir
Jamak taksir adalah bentuk jamak yang tidak beraturan sehingga tidak ada tanda-tanda khusus pada bentuk jamak ini, jamak ini berlaku untuk laki-laki maupun perempuan, benda mati maupun hidup, dan jamak ini mengikuti pengucapan orang Arab, jamak ini hanya dapat diketahui melalui kamus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *