Kitab Ta’lim Muta’allim oleh Ustadzah Ira Trisnawati, M.Ag.

Ahad, 27 Juni 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Dikatakan oleh sebagian ulama: hafal dua huruf itu lebih baik daripada mendengar dua lempeng. Dan hafal dua huruf lebih baik daripada hafal dua lempeng.
Jika seorang pelajar merasa mudah (meremehkan) dalam memahami pelajaran atau pengajiannya dan tidak mau rajin, sekali dia kali, akhirnya semakin lama menjadi terbiasa menganggap mudah sesuatu. Maka, dengan kata yang sedikit Saja dia tidak bisa paham, apalagi yang banyak. Karenanya, seorang pelajar dapatlah berbuat rajin dalam belajarnya, dan biasakanlah berdoa mendekatkan diri kepada Allah SWT. dengan penuh harapan karena Allah SWT. menerima segala permohonan siapa saja dan tidak merugikan terhadap orang yang mempunyai harapan kepada-Nya.

Kami pernah dibacakan syair oleh Syekh Qawamuddin, Hammad bin Ibrahim bin Ismail, syair Kepunyaan Syekh Kholil bin Ahmad Sarakhsi, demikian:
اخدم العلم حد مرة المستفيد
و ادم در سة يفعل حميدى
Jadikanlah dirimu menjadi pelayan ilmu, sebagaimana melayani orang yang mencari faedah ilmu. Dan biasakanlah rajin belajar dengan baik (menghafal, memahami, dan mengulang). Karena, yang demikian itu merupakan pekerjaan yang terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *