Kajian Tafsir Jalalain oleh Utadz Dr.Hasdin Has, Lc.M.Thi

Selasa, 03 Agustus 2021. Nina Ayunia Salbiyah

Berbicara tentang kisah Nabi Musa dengan Fir’aun.
Siapa itu Musa? Sejatinya Musa itu spesial, karena Nabi Musa itu kebanyakan di sebutkan dalam Al-Qur’an. Nabi Musa itu adalah salah satu dari sekian nabi yang Allah utus dari Bani Israil. Nabi Musa secara umum adalah seorang laki-laki yang sangat tangguh, cerdas, kuat, amanah, dan gagah.

Kenapa nabi Musa banyak di ceritakan dalam Al-Qur’an?
Allah SWT. ingin memberikan pelajaran pemahaman kepada orang-orang setelah Nabi Musa. Karena Nabi Musa merupakan manusia yang mempunyai kepandaian di atas rata rata. Yang kedua, untuk menggambarkan bahwa semua sama di mata Allah SWT.

Kenapa Bani Israil terkesan kurang ajar sama Arab?
Karena di dalam orang Yahudi mengakui bahwa selain dari mereka itu tidak bernilai apa-apa. Yang kedua, kita sebagai orng Islam menilai orang Bani Israil itu mempunyai rasa kecemburuan karena kenapa seorang Nabi terakhir yang dinantikan itu, kenapa munculnya bukan dari golongan mereka.

Dari dalam kekuasaan Fir’aun, Fir’aun menguasai hampir Afrika dan Asia. Termasuk ada 9 negara yang di lalui oleh sungai Nil itu semua dibawah kekuasaan Fir’aun. Maka ketika di dalam Al-Qur’an itu Fir’aun mengklaim. “maka air sungai itu berada di bawah kekuasaan saya”.
Fir’aun itu mempunyai banyak istri tidak hanya satu, dan salah satunya yaitu Asiyah

Musa itu betul-betul raja dan Musa itu betul-betul nabi. Fir’aun itu merupakan ahli strategi pintar dan cerdas. Ketika Nabi Musa disuruh ke Fir’aun, nabi Musa merasa takut atau tidak berani, dia meminta kepada Allah, “ya Allah kalau bisa utus juga saya punya sepupu”.

Bagaimana kuatnya nabi Musa?
Nabi Musa ketika ia kembali dari menghadap Tuhannya dan menjumpai kaumnya dan banyak yang menyembah patung, yang pertama ia jumpai saudara sepupunya, di tanyalah “kenapa kau berbuat begini”. Sambil ia tanya sambil ia memegang jenggotnya dan menariknya, jenggot yang tadinya hitam menjadi putih. Dan bagaimana nabi Musa ia membela sekampungnya akibat di dzolimi, saking kuatnya, sekali pukul langsung mati. Ketika Musa membantu dua perempuan mengambil air disaat ketika banyaknya orang yang mengantri mengambil air, nabi Musa kemudian mengambil ember perempuan tersebut dan langsung masuk dan semua orang langsung tersingkir.

Allah ta’ala berbicara tentang kisah Nabi Musa dan Fir’aun.

  1. Nabi Musa dikenal dengan laki laki tangguh, cerdas, gagah dan amanah.
  2. Kenapa Nabi Musa banyak diceritakan dalam alquran karena Allah ingin memberikan pembelajaran dari perjalanan nabi musa kepada orang orang setelahnya. Risalah kenabian itu sepenuhnya hak milik Allah swt.
  3. Kenapa Israil selalu memerangi Arab? Karena Bani israil menganggap dirinya sebagai bangsa yg terpilih sehingga mereka memiliki derajat yg tinggi dan harus tunduk kepada mereka. Sedangkan dalam pandangan Allah semua manusia sama yang membedakan hanya keimanan. Mereka merasa cemburu kenapa nabi terakhir berasal dari arab yang menurutnya tidak ada apa apanya dibanding israil.
  4. Di zaman Nabi Musa menjadi bangsa jajahan fir’aun (gelar seseorang atau raja yg memerintah di mesir). Dimana fir’aun ini adalah raja yang kejam.
  5. Ketika Nabi Musa diutus ke Fir’aun dia tidak sanggup mengahadapi fir’aun. Sehingga ia memanggil harun (saudara sepupu) yang lebih bisa untuk menghadapi fir’aun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *