Kajian Tafsir: Jalalain oleh Dr. Muh. Hasdin Has, Lc. M.Thi.

Selasa, 17 Agustus 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Tanda-tanda Mujizat Nabi Musa a.s pada masa pemerintah Fir’aun. Dengan mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Musa a.s untuk menguatkan seruan dan dakwah kepada umatnya. Selain itu, ada kesaktian tongkat Nabi Musa a.s, berikut:

  1. Membelah laut merah

Nabi Musa AS bersama kaumnya lari dari kejaran pasukan Firaun untuk menangkapnya. Nabi Musa a.s beserta kaumnya terjebak di tepi laut. Namun atas kuasa Allah SWT, Nabi Musa a.s memukul tongkatnya yang membuat laut merah terbelah. Kemudian Nabi Musa a.s dengan kaumnya berjalan di tengah laut yang terbelah tersebut. Pasukan Firaun mengikuti Nabi Musa a.s di jalan yang sama. Namun laut merah kembali seperti semula yang membuat Firaun dan pasukannya tewas tenggelam.

2. Mengubah tongkat menjadi ular besar

Nabi Musa a.s dengan Nabi Harun a.s ditantang oleh Firaun untuk melawan seorang penyihir. Penyihir tersebut kemudian mengeluarkan tongkat yang kemudian dapat berubah menjadi seekor ular. Lalu atas izin Allah SWT, Nabi Musa a.s mengeluarkan tongkatnya dan melemparnya kemudian berubah menjadi seekor ular dengan ukuran lebih besar. Akhirnya ular dari tongkat Nabi Musa a.s memakan ular dari penyihir tersebut. Pada akhirnya penyihir tersebut mengakui kebesaran Allah SWT dan kemudian mengikuti ajaran Nabi Musa a.s.

3. Mengeluarkan air dengan pukulan tongkat

Nabi Musa a.s hidup di gurun yang susah untuk mencari air. Kemudian atas izin Allah SWT, Nabi Musa a.s menancapkan tongkat ke tanah dan kemudian dari tanah tersebut muncul mata air yang jernih yang dapat digunakan oleh Nabi Musa a.s beserta kaumnya.

Demikian merupakan mukjizat Nabi Musa a.s yang diberikan oleh Allah SWT dalam melakukan dakwah kepada kaumnya ke jalan yang lurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *