Ma’had Goes To Pesantren

Rabu, 20 Agustus 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Pondok Pesantren Al-Muhajirin Darussalam, Pondidaha, Kabupaten Konawe.

Ma’had Goes To Pesantren merupakan kegiatan baru di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari. Ma’had goes to pesantren berupa kegiatan yang melibatkan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dalam rangka berkunjung, diantaranya: Pondok Pesantren Al-Muhajirin Darussalam, Pondidaha (Konawe), Pondok pesantren Al-Bukhari, Wesolo (Kolaka Timur) dan Pondok Pesantren Al-Ikhlas , Lambuya (Konawe). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai pada tanggal 18 Agustus-20 Agustus 2021. Tujuan kegiatan ini ialah untuk Mengamati, Mempelajari, berbagi ilmu, menjalin kerjasama dan mempererat persaudaraan antara UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dan pihak pondok pesantren sekaligus sosailisasi kampus IAIN Kendari kepada santri.

Mahasantri yang turut dalam kegiatan ini merupakan mahasantri baru angkatan 2020 (semester III) yang didampingi oleh Mudir, Pengasuh, Musyrifah dan Mudabbirah Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari. Mahasantri yang mengikuti kegiatan ini juga telah diberi bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kajian-kajian yang diselenggarakan setiap harinya.

Selama tiga hari, mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari mengikuti kegiatan (nyantri) yang dilakukan oleh santri-santri di pondok pesantren tersebut seperti Shalat wajib/sunnah berjama’ah, Zikir, Shalawatan, Kajian (Kitab), dan lain-lain. Hal ini merupakan pengalaman baru dan sangat berharga bagi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dan pihak UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dengan harapan agar pengalaman yang telah diperoleh tersebut bisa diterapkan di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari.

Dengan adanya kegiatan ini juga, mahasantri akan lebih mengenal tabiat dan Akhlaqul Karimah santri-santri di pondok pesantren dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mahasantri mampu menjadi contoh bagi mahasantri yang lainnya dan mahasiswa yang ada di IAIN Kendari.

Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Lambuya, Kabupaten Konawe.

Maka harapan kami, kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dikembangkan lagi melalui kegiatan-kegiatan lainnya di masa mendatang agar mahasantri terus mengasah pengetahuan dan menambah pengalaman di Ma’had Ma’hadAl-Jami’ah IAIN Kendari sehingga dapat mencetak mahasantri yang Unggul, Anggun, dan Gemilang dalam segala hal khususnya dalam bidang Al-Qur’an, Aqidah, Bahasa, dan Literasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *