Bahasa Arab Dasar: Pengertian Fi’il dan Pembagiannya oleh Aini Khairunnisa, M.Pd

Sabtu, 16 Oktober 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Pengertian Fi’il (Kata Kerja)

Fi’il adalah kata yang menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu, baik di masa lampau, sekarang, yang akan datang atau kata perintah. Pengertian fi’il sama dengan istilah kata kerja pada bahasa Indonesia namun,fi’il sangat erat hubungannya dengan waktu. Contoh :

Pembagian Fi’il

Fi’il berdasarkan waktu

1. fi’il madhi ◦Adalah kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang telah selesai dilaksanakan. Dengan kata lain, fi’il madhi merupakan kata kerja yang lampau. Adapun tanda-tandanya antara lain tampak pada huruf asli kata kerjanya dan pada umumnya berakhiran “a” Contoh : ◦ ◦كَتَبَ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ Muhammad telah menulis pelajaran.

2. fi’il mudhari’ Adalah kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang sedang terjadi, ataupun akan berlangsung. Adapun tanda-tandanya sebagai berikut :

a. dapat dimasuki dengan huruf sin س dan saufa سَوْفَ yang berarti “akan”, contoh : سَتَذْهَبُ, سَوْفَ تَذْهَبُ

b. dapat diawali dengan salah satu huruf di antaranya yaitu, hamzah, nun, ya’ dan ta’ yang terletak di awal katanya. Contoh :

c. Dapat dimasuki huruf لا (tidak), contoh ; لَا يَذْهَبْ

3. fi’il amr   Adalah kata kerja yang menunjukkan perintah untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Tanda- tandanya biasa diawali dengan hururf alif dan huruf akhir berharakat sukun.  Contoh : —اِذْهَبْ pergilah kamu (lk)

Bentuk perubahan fi’il amr hanya ada 6 macam yakni :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *