PERHIASAN MAHAL IAIN KENDARI “Peringatan Hari Santri Nasional Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari”

Turwanti, Runi Evariyanti & Nina Ayunia Salbiyah.

Dalam memperingati Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2021 Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari melaksanakan kegiatan dengan mengadakan berbagai macam lomba, yang bertemakan Mempererat Ukhwah Keluarga Besar Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dan Mengasah Minat Serta Bakat Mahasantri. Walaupun disaat  pandemi seperti sekarang ini para mahasantri sangat antusias dan semangat menyambut Hari Santri Nasional. Pada kegiatan tersebut para Musyrifah, Mudabbirah, dan Mahasantri tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan melakukan program wajib vaksin terlebih dahulu minimal tahap satu.

Lomba MC 3 Bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia)

Berbagai lomba tersebut diadakan selama lima hari yang dimulai pada hari Selasa hingga Sabtu. Dalam memperingati perayaan Hari Santri Nasional tahun 2021, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari mengadakan kegiatan berupa lomba diantaranya: Makan Kerupuk, MC 3 Bahasa (Arab, Inggris, & Indonesia) mengenai Hari Santri, Poster Digital dengan tema Hari Santri, Puisi Islami, Senam Kreasi, Kebersihan Tiap Lantai, Persembahan Tiap Lantai (yel-yel, drama, serta vocal grub), Stand Up Comedy, Fashion Show, dan Pop Solo Religi. Pada kegiatan ini melibatkan seluruh Mahasantri sebagai peserta lomba, serta Musyrifah dan Mudabbirah sebagai dewan juri.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu Musyrifah, “Tujuan awal memang pada dasarnya kita ingin tahu minat dan bakat para Mahasantri dari berbagai macam latar belakang Mahasantri itu sendiri, melihat rasa keberanian mereka tampil di depan umum, dan melihat bakat dari Mahasantri tersebut. Sehingga dari kegiatan ini para Mahasantri itu terus bisa mengasah dan mengembangkan bakat mereka pada saat ada kegiatan-kegiatan lomba berikutnya, kami sebagai Musyrifah pun kaget dengan kemampuan yang dimiliki Mahasantri karena awalnya melihat mereka yang polos-polos namun ketika ada kegiatan ini terlihat bahwa Mahasantri tersebut memiliki bakat yang tidak diketahui oleh orang lain” tutur Hastuti Hardiana Putri.

            Adapun harapan dari Kepala UPT Ma’had Al- Jami’ah IAIN Kendari “Menyambut positif dan berharap dikembangkan ditahun-tahun mendatang” Tutur Dr. H. Muh. Hasdin Has, Lc., M. Th.I.

            Dengan adanya lomba ini para Mahasantri yang sebelumnya tidak tahu atau belum mengenali bakat yang mereka miliki akhirnya dapat menunjukkan kemampuan mereka di depan umum sehingga mereka dapat mengetahui bakat pada diri masing-masing. Dengan denikian, hal ini menjadi tolak ukur bagi pengurus Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari untuk mengasah dan mengembangkan bakat mereka agar bisa dieksplor dan berharap Mahasantri dapat menjadi pewakilan kampus pada kegiatan lomba se-PTKIN baik secara akademik maupun non-akademik. Selain itu juga untuk menunujukkan bahwa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari memiliki bakat yang unggul dan dapat bersaing dengan dunia luar.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *