Mahasantri Borong Penghargaan di Berbagai Gelaran Festival

Mahasantri binaan Ma’had Al-Jami’ah IAIN KENDARI meraih beberapa penghargaan di berbagai kejuaraan dalam lomba antar Mahasiswa(i). Gelaran festival yang diselenggarakan baik di internal maupun eksternal kampus IAIN Kendari ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kreativitas di berbagai bidang seperti keagamaan, seni, dan akademik. Gelaran festival dan lomba yang dilaksanakan dalam rentang Rabu hingga Ahad, 15-18 Juni 2022 diikuti oleh ratusan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Sulawesi Tenggara.

Mahasantri atas nama Hasniati Wulandari yang berasal dari Prodi Pendidikan Agama Islam berhasil meraih Juara 1 pada Lomba Desain Poster Dakwah yang diadakan oleh HMPS IAIN KENDARI pada 17 Juni 2022. Tak kalah dengan rekannya, Mahasantri atas nama Aulia Hasana juga berhasil menyabet Juara 2 pada gelaran serupa. Di kesempatan lain, tepatnya pada perhelatan Lomba Pop Solo sebagai rangkaian kegiatan FEBI WAVE IAIN KENDARI, Mahasantri atas nama Nelsa Januarti berhasil mengungguli peserta lainnya dengan meraih Juara 1. Tak puas dengan pencapaian tersebut, rekan setimnya yakni Mahasantri atas nama Putri Fahmi Aprillia pun tak ingin kalah dengan unjuk potensi dan meraih Juara 3. Selain gelaran yang diselenggarakan di internal kampus, Mahasantri atas nama Putri Fahmi Aprillia juga mengharumkan nama IAIN Kendari dengan meraih Juara 2 pada kegiatan festival Al-Alam Kendari.

Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, Dr. H. Muh. Hasdin Has, M.Th.I., menyampaikan bahwa model pembinaan Mahasantri di UPT yang dipimpinnya tersebut memang mencakup komitmen untuk berkarya dan berkompetisi secara aktif dan positif. “Sesuai arahan Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. bahwa Ma’had sudah sepatutnya menjadi wajah dari IAIN Kendari maka kami mengupayakan segala sumber daya dan potensi yang kami miliki untuk mendorong Mahasantri berkompetisi di tingkat lokal dan nasional,” rangkumnya.

Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, H. Muh. Hasdin Has.

Salah seorang Musyrifah Ma’had Al-Jami’ah IAIN KENDARI yang selama ini tidak kenal letih mendampingi Mahasantri mengembangkan potensinya, Muryani mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan yang diraih para Mahasantri. Berhubung waktu untuk persiapan terbilang sangat singkat tetapi tekad yang kuat yang ditunjukkan oleh Mahasantri yang gigih dalam berlatih dan berkarya tetap menghasilkan hasil yang positif dan membanggakan. “Semoga dengan kemenangan ini memacu semangat Mahasantri untuk terus giat berlatih dan mengasah minat bakat mereka,” pungkasnya.

Pengasuh dan Mahasantri Ma’had pada kegiatan Goes to School beberapa waktu lalu.

Musyrifah lain, Sitti Nurhalimah, menambahkan bahwa keberhasilan Mahasantri kali ini hendaknya menjadi motivasi bagi Mahasantri yang lain. Mereka yang menang menjadi contoh, sehingga setiap mengikuti gelaran berikutnya di berbagai tingkat dapat meraih prestasi. Saat ini, Ma’had Al-Jami’ah membina sekitar 100 lebih Mahasantri dari berbagai latar belakang program studi. Sebagai informasi bagi pembaca, pembinaan yang dilakukan bertumpu pada empat bertolak dari 4 (empat) fokus yaitu Pengetahuan Dasar Keagamaan, Adab & Akhlakul Karimah, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan Literasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *