Kembali ke Asrama Pasca Libur Semester, Mahasantri Mulai Ikuti Kajian Harian

Mahasantri UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari kembali mengikuti kajian harian yang dijadwalkan secara rutin setelah salat Maghrib di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari atau Aula Mini Ma’had Al-Jami’ah. Kegiatan ini menjadi agenda rutin bagi Mahasantri dan Mahasiswa(i) IAIN Kendari yang diadakan setiap hari.

Mudir Ma’had, Dr. H. Muh. Hasdin Has saat membawakan kajian Tafsir
Kajian pendidikan literasi diampu oleh Azwar Abidin, M.Pd.

Kegiatan kajian rutin ini dipandu oleh para Pengasuh Ma’had yang telah mendapat mandat dari Rektor IAIN Kendari. Kajian berbagai kitab diberikan setiap harinya. Mulai dari Tafsir yang diampu oleh Mudir Ma’had, Dr. H. Muh. Hasdin Has, M.Th.I. pada hari Selasa, Pendidikan Literasi yang disampaikan oleh Azwar Abidin, M.Pd. pada hari Senin, Kitab Riyadhussalihin dan Mustalahul Hadits dipandu oleh Mashuri Rifa’I, M.Ag. pada hari Rabu dan Sabtu. Adapun kajian Adab dengan pembacaan kitab Ta’limul Muta’allim disampaikan oleh Ira Trisnawati, M.Ag. pada hari Jum’at. Selain itu, kajian Ulumul Qur’an dan Fiqih Muslimah dipandu oleh Irdawati Saputri, S.Ud., M.Ag. di setiap hari Ahad. Untuk hari Kamis, Mahasantri menggelar tahsinul qur’an atau khataman.

Kajian Ta’limul Muta’allim oleh Ira Trisnawati, M.Ag. yang mengambil setting di aula mini Ma’had Al-Jamiah
Kajian kitab Riyadhussalihin dan Mustalahul Hadits oleh Masyhuri Rifa’i, M.Ag.
Irdawati Saputri, S.Ud., M.Ag. saat membawakan kajian dengan tema Ulumul Qur’an dan Fiqih Muslimah di depan Mahasantri

Kegiatan kajian ini menjadi momentum para Mahasantri dan Mahasiswa(i) IAIN Kendari untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang agama Islam. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi semua pihak untuk memperdalam nilai-nilai keislaman serta menggali potensi-potensi yang ada di dalam diri masing-masing. Berdasarkan penjelasan dari Warek 3 IAIN Kendari, Dr. H. Herman, M.Pd.I., kegiatan kajian ini dipandu oleh para Pengasuh Ma’had yang telah mendapat mandat dari Rektor IAIN Kendari dan menjadi momentum bagi Mahasantri dan Mahasiswa(i) IAIN Kendari untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang agama Islam.

Tahsinul Qur’an yang dijadwalkan setiap Kamis malam
Mahasantri saat melaksanakan Yasinan dan Zikir Jama’iy

Di penghujung sesi kajian, para Mahasantri diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah dipelajari. Para pengasuh yang mengampu mata kajian masing-masing diharapkan menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan detail. Kegiatan kajian ini berakhir dengan para mahasantri berdoa bersama. Mudir Ma’had juga menyampaikan harapannya semoga kegiatan kajian rutin ini akan terus menjadi wasilah dalam meningkatkan kualitas dan akhlak para Mahasantri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *