Mahasantri Kembali Giatkan Muhadatsah Yaumiyah


Mahasantri UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari kembali menggiatkan rutinitas Muhadatsah Yaumiyah atau daily conversation yang bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara Mahasantri dalam bahasa Arab dan Inggris. Kegiatan ini berlangsung setiap hari selepas tahsin subuh di Masjid kampus. Pada kesempatan kali ini (Senin, 20/02/2023), kegiatan dilaksanakan di pelataran UPT Ma’had Al-Jami’ah.

Mudabbirah sedang memandu muhadatsah Mahasantri

Kegiatan ini dibimbing oleh Mudabbirah bidang literasi dan bahasa asing. Azwar Abidin, M.Pd. selaku sekretaris Ma’had dan pembimbing kompetensi literasi dan bahasa asing Mahasantri mengungkapkan bahwa Pimpinan IAIN Kendari telah menyampaikan bahwa Mahasantri harus menjadi teladan bagi Mahasiswa(i) IAIN Kendari termasuk dalam hal kemampuan bahasa asing. Dengan adanya kegiatan Muhadatsah ini diharapkan mahasantri dapat mewujudkan harapan pimpinan IAIN Kendari tersebut.

Selepas tahsin, Mahasantri melaksakan rutinitas muhadatsah

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 40 menit dan dilanjutkan dengan apel pagi yang dipandu oleh Musyrifah Ma’had. Berdasarkan penuturan Mudir Ma’had, Dr. H. Muh. Hasdin Has, M.Th.I., kegiatan Muhadatsah yang digelar di UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasantri di bahasa Arab dan Inggris. IAIN Kendari mengharapkan setiap mahasantri benar-benar meningkatkan kemampuan berbahasanya sehingga dapat menjadi teladan bagi mahasiswa IAIN Kendari lainnya.

Kegiatan daily conversation ini dijadwalkan tiga kali dalam sepekan

Lanjut beliau, kegiatan Muhadatsah ini memang merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu mahasantri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Apel pagi yang diselenggarakan setelahnya juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan meningkatkan kualitas dalam menghadapi kegiatan sehari-hari.

Apel pagi dilaksanakan setelah kegiatan Muhadatsah

Dengan demikian, kegiatan Muhadatsah Yaumiyah yang digelar di IAIN Kendari kali ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan literasi siswa dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *