Mahasantri UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari Mendapatkan Pembinaan Tahsin Intensif Setiap Subuh

Pengurus UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari telah menyelenggarakan pembinaan Tahsin intensif setiap subuh sejak Mahasantri kembali menempati asrama di awal semester genap dan diintensifkan di awal bulan ini. Kegiatan ini diinisiasi oleh UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan tahsin mahasantri. Perlu dicatat bahwa pembinaan BTQ merupakan salah satu pilar pembinaan di Ma’had selain Wawasan Keagamaan, Adab dan Akhlakul Karimah, serta Pendidikan Literasi.

Mahasantri menyimak materi Tahsin sebelum menyetorkan bacaan.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dari Senin hingga Sabtu, dimulai sejak pukul 05.00 WITA hingga pukul 06.30 WITA. Kegiatan ini diisi dengan tahsin al-Qur’an, serta pembahasan materi pengajian lainnya. Mudir UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, Dr. H. Muh. Hasdin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tahsin mahasantri dan mengajak mereka untuk beribadah dengan lebih khusuk.

Kami berharap dengan adanya pembinaan tahsin ini, Mahasantri akan lebih mudah untuk melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dan juga meningkatkan nilai ibadah membaca Al-Qur’an mereka.”

H. Muh. Hasdin Has

Kegiatan ini menjadi wadah bagi para mahasantri untuk berlatih dalam membaca Al-Quran dengan tajwid. Dengan dibina dan berlatih secara rutin, diharapkan para mahasantri dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar serta dapat menghayati makna Al-Quran. Kegiatan ini pun menjadi wadah bagi para Mahasantri untuk saling berbagi pengalaman dan saling memotivasi.

Muyrifah dan Mudabbirah memberikan pengarahan sebelum pembinaan Tahsin dimulai

Para Mahasantri dapat bertukar pikiran dan membangun silaturahmi melalui kelompok belajar Tahsin. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi mereka untuk berdiskusi dan berbagi tentang tata cara mengaji Al-Quran dengan benar. Para Mahasantri dapat berguru kepada Musyrifah dan Mudabbirah yang berpengalaman dalam metode pengajaran bacaan Al-Quran.

Setoran bacaan menjadi sesi penting untuk mengecek kualitas bacaan Al-Qur’an Mahasantri

Kegiatan pembinaan tahsin intensif setiap subuh ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para Mahasantri UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran dan memahami makna Al-Quran. Tidak hanya itu, Mahasantri juga diajak untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 110 mahasantri UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari. Kegiatan ini juga merupakan ajang bagi para Mahasantri untuk meningkatkan loyalitas dan komitmen mereka terhadap Al-Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *