Tegaskan Eksistensi, Ma’had Gelar Tutoring BTQ Selama 25 Hari

Mahasiswa(i) IAIN Kendari dari seluruh Fakultas akan mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yang diselenggarakan oleh UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari. Meski dibuka secara umum, program ini difokuskan kepada Mahasiswa(i) yang sama sekali belum dapat membaca dan menulis Al-Qur’an. Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an ini merupakan bentuk komitmen UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari dalam meningkatkan kualitas Mahasiswa(i) terutama dalam aspek keagamaan.

Tutor dan Mahasiswa(i) bimbingannya

Program tutoring BTQ intensif ini dimulai pada Rabu, 15 Maret 2023 dan berlangsung selama 25 hari ke depan. Untuk pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an ini, UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari menyediakan 30 tutor BTQ yang terdiri dari Musyrifah dan Mudabbirah dan telah diseleksi secara ketat oleh Dewan Penguji yang mendapat mandat dari Rektor IAIN Kendari. Selain sebagai syi’ar eksistensi Ma’had, program tutoring BTQ merupakan pengejewantahan visi dan misi Ma’had Al-Jami’ah yang bertekad mengawal literasi Al-Qur’an civitas academica IAIN Kendari.

Sasaran program ini adalah pemberantasan buta huruf Al-Qur’an di kalangan Mahasiswa(i) IAIN Kendari

Warek 3 IAIN Kendari yang juga merupakan salah satu anggota Dewan Penguji UPT Ma’had Al-Jami’ah, Dr. H. Herman, M.Pd.I., menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa(i) IAIN Kendari dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, akan meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam memahami Al-Qur’an. Dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, diharapkan akan meningkatkan pula pengalaman dan wawasan mereka tentang Islam,” ujarnya.

Salah seorang peserta menyetorkan progres bacaannya kepada tutor

Di tempat terpisah, Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, Dr. H. Muh. Hasdin Has, memberikan pernyataaan bahwa langkah taktis ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., yang meminta Ma’had tampil di garda terdepan pemberantasan buta huruf Al-Qur’an di kalangan Mahasiswa(i). Menilik sumber daya manusia yang dimiliki oleh Ma’had Al-Jami’ah, tugas ini dapat dijalankan secara maksimal. “Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelatihan kami dengan memastikan bahwa para tutor BTQ kami memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pelatihan baca tulis Al-Qur’an yang terbaik,” imbuh Mudir yang juga merupakan anggota Dewan Penguji tutor BTQ ini.

Halaqah tutoring BTQ bisa ditemukan di seluruh sudut kampus.

Melalui program ini, tutor akan mendampingi Mahasiswa(i) dalam mempelajari tajwid, makhraj, dan memahami terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an. Para tutor juga akan memberikan penjelasan singkat mengenai pengetahuan dasar serta tafsir ringkas Al-Qur’an. Program ini merupakan kesempatan emas bagi para Mahasiswa(i) untuk menambah wawasan dan wacana Al-Qur’an. Ma’had Al-Jami’ah mengajak civitas academica IAIN Kendari, terutama dari kalangan Mahasiswa(i), agar tidak merasa malu dan canggung mengikuti program ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *