Kitab Riyadhus Sholihin oleh Ustadz Masyuri Rifa’i, M.Ag.

Jumat, 18 Juni 2021. Nina Ayunia Salbiyah.

Hadis ke 8 dari Bab Taubat
“Di sini ada golongan laki laki yang membunuh sekitar 99 manusia, kemudian bertanya kepada orang alim di muka bumi ketika blm ada Rasulullah tentang perbuatannya yang membunuh 99 manusia, apakah masih diterima taubat saya?. Kemudian ahli kitab menjawab bahwa dia tdk dapat bertobat karna dosanya sangat banyak, sehingga laki laki ini membunuh ahli kitab tersebut, genap 100 orang yang dibunuhnya. Kemudian ia pergi dan mencari orang lagi untuk bertanya apakah tobatnya diterima karena ia telah membunuh 100 orang, oranh alim ini menjawab masih dapat diterima tobatnya karena tidaka da yang menghalangi tobatnya manusia,. Ustadz ini berkata pergilah dari tempat yang jauh, sebab di situ ada orang yang menyembah Allah bersama mereka. Dan jangan kembali ke tanahmu karena tanahmu negri yang sangat buruk. (Perintah hijrah). Lelaki itupun menyetujui, dan di setengah perljalanan lelaki ini didatangi ajalnya. Kemudian 2 malaikat datang (Adab & Rahmat) para malaikat bertengkar apakah lelaki ini masuk surga atau neraka. Malaikat Rahmat berkata orang ini telah datang untuk bertaubat, kemudia malaikat Adab berkata orang ini bekum pernah melakukan kebaikan sedikit pun. Datang lah malaikat ke 3 berbentuk manusia dan sebagai pemisah malaikat yang berselisih. Malaikat ketiga ini (Jibril) memutuskan mana yang lebih benar, ukurlah olehmu semua antara dua tempat di bumi ini yang mana lebih dekat tempatnya yang di tuju atau yang ditinggalkannya. Kemudian kedua malaikat mengukur dan orang tersebut lebih dekat dari tempat untuk melaksanakan taubatnya,. Maka lelaki tersebut dibawa malaikat Rahmat.” (H.R Bukhari muslim)

Hadits ke 10 dari Bab Taubat
Dari Abu Nujaid (dengan dhammahnya nun dan fathahnya jim) iaitu lmran bin Hushain al-Khuza’i radhiallahu ‘anhuma bahawasanya ada seorang wanita dari suku Juhainah mendatangi Rasulullah s.a.w. dan ia sedang dalam keadaan hamil kerana perbuatan zina. Kemudian ia berkata: “Ya Rasulullah, saya telah melakukan sesuatu perbuatan yang harus dikenakan had – hukuman – maka tegakkanlah had itu atas diriku.” Nabiullah s.a.w. lalu memanggil wali wanita itu lalu bersabda: “Berbuat baiklah kepada wanita ini dan apabila telah melahirkan – kandungannya, maka datanglah padaku dengan membawanya.” Wali tersebut melakukan apa yang diperintahkan. Setelah bayinya lahir – lalu beliau s.a.w. memerintahkan untuk memberi hukuman, wanita itu diikatlah pada pakaiannya, kemudian direjamlah. Selanjutnya beliau s.a.w. menyembahyangi jenazahnya.

Umar berkata pada beliau: “Apakah Tuan menyembahyangi jenazahnya, ya Rasulullah, sedangkan ia telah berzina?” Beliau s.a.w. bersabda: “Ia telah bertaubat benar-benar, andai kata taubatnya itu dibahagikan kepada tujuh puluh orang dari penduduk Madinah, pasti masih mencukupi. Adakah pernah engkau menemukan seseorang yang lebih utama dari orang yang suka mendermakan jiwanya semata-mata kerana mencari keredhaan Allah ‘Azzawajalla.” (Riwayat Muslim)

Hadits ke 11 dari Bab Taubat
Dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik radhiallahu ‘anhum bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Andaikata seorang anak Adam – yakni manusia – itu memiliki selembah emas, ia tentu menginginkan memiliki dua lembah dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya kecuali tanah – iaitu setelah mati – dan Allah menerima taubat kepada orang yang bertaubat.” (Muttafaq ‘alaih)

Kesimpulan:

  1. Taubat akan tetap diterima sampai nyawa berada di kerongkongan
  2. Tidak ada halangan antara taubat manusia dengan Allah SWT
  3. Kunci Surga adalah tauhid
  4. Sebanyak banyaknya perbuatan dosa yang dilakukan Allah SWT akan tetap mengampuni asal melakukan taubat Nasuha
  5. Dosa yang tidak di ampuni Allah adalah musyrik
  6. Taubat dilakukan dengan cara benar-benar meninggalkan perbuatan dosa, niat, dan menyesal akan apa yang diperbuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *